Senin, 23 September 2019

pengalaman bahase

   17  september 2019
                                                          بسم الله الرحمن الرحيم.    

   Assalamualaikum wr wb.

nama saya indri,pengalaman bahasa....
sebelum nya  saya perkenalan dulu...saya adalah santri di ponpes walisongo PTK,saya nyantri sekitaran 6 tahun, pengalaman bahasa ???? banyak, tapi tidak banyak yg saya ingat
beberapa dari yang saya ingat iyalah......
lupa  kapan tpat nye kejadian, tapi ingat pas saat itu pas belajar diniyah,trus tu... yang ngajar INDRI ustad madura, nama nya ustad Musleh,ustad tu lucu ngomong nye kental sekali  madura nya
suka nyebut ginik ni "kanak.....kanak"trus kejadian nye tu gini indri kan bukan orang madurakan ye....trus tu di kelas mayoritas madura gitu campuranlah gitu,trus indri tu kalau di pondok ndak boleh ngomong bahasa selain ARAB, jadi walau 6 taun gitu indri cuman tau dikit bahasa MD nye.
pas kejadian tu pas jam terakhir ustad ngajar kan trus sebelum ustad pulang kita ni ngomong" gitu ke ustad niat hati maok ngomong: "TRIMAKASIH USTAD" pakai bahasa MD, bilang lah ni ke ustad,
INDRI: "SEPARONAH USTAD, SEKEKANGKONG"

     Ehhhhhh satu kelas ketawa yang faham lah,Ustad" nye pon ketawa, ye.......Indri biase yak lah, malah heran ngape orang ketawa ,nanyak lah ni
INDRI:"EMNG SALAH KE USTAD"(pakai mungke heran)
USTAD:"YE....SALAH LAH KANAK"(logat MD)
INDRI:"YANG BENAR APE EMNG???"
USTAD: "SEPORA..NAH KANAK,KALAU SEPARONAH TU KANAK ARTI NYE SEPAROH                        NYE,GITU!!!!
INDRI:"OHHH GITU"(Malu rase dirik)
KAWAN yang laen ni ngomong:"UUUU KAU IN IN,SEPORANAH JADI SEPARONAH,SEKEKANGKONG .....HAAHHAHAH"
  INDRI:"MACAM MANE LAH...SAME TU"
USTAD:"DI BEDE..KAN YE KANAK....BISA BEDA ARTI TU "

tak lamak ustad nye pon keluar ngucap salam lanjut lah eee betanyak bahase MD ke orang Madure nye padahal pas itu tu indri SEKSI BAHASA yang mane tugas nye ngehukum orang yang ngomong bahasa indo...ape lagi MD wkwkwkw tapi tenang Indri ni orang nye suke ngehukum sendiri kadang ye...mukol kaki sorang kuat"(itu hukuman bagi pelanggaran bahasa, telapak kaki nye di pikul pakai kayu yg agak tipisan gitu...3 kali) hahaha impas jadi eeee
 
     name SEKSI BAHASA tu kalau di pondok di sebot QISMU LUGHO,(pernah gak jadi itu wkwk)indri jadi QISMU LUGHO ni 2thun gitu lah......ciri" QISMU LUGHO tu ye :
 1.mungke sangar  (tak wajib wkwk)
 2.pintar bahasa Arab,(kok tingkatan indri ni pandai lah hahahah)
 3.pintar Nahwu Sorof
maseh banyak agik lah yg indri tau tu,ye...inti ee faham lah dengan ape itu bahasa Arab(tak kan jadi pengurus bahasa tak tau, ade bikin malu.
     (kok indri ni diam" ye yg bace,indri ni cuman sok" tau haha asli ee belom banyak tau tapi pasang yak mungke PD pless sangar pasti meyakinkan,.

    "KEJADIAN BAHASA ARAB"
kan indri drngan kawan" di pondok ii dah agak lamak kan ye...tros tu tau lah siket" bahasa arab,truss di pondok tu ade yang name nye MUHADATSAH  (pecakapan bahasa arab) itu salah satu cara melancar kan bahasa arab tros tu kalau ade anak baru,anak lamak berpasangan dengan anak baru...untok di ajar kan bahasa Arab yg benar.
    lalu lah budak ni kawan" indri nanyak ke anak baru sebelom ee di kasi tau gimane care jawab ngubah domir,saya ke kamu....gitu lah,
 ade kawan nnyak ke anak baru
KAWAN :"DEK KAKAK NAK NNYAK HAL AKALTI ???(arti ee apakah kamu sudah makan)
ANAK BARU:" NA'AM AKALTU"(ya .....saya sudah makan)
KAWAN:"HAL JANANTI????(arti ee tu gilee,...apakah kamu gila?/sdah gila)
karne anak baru tu tak tau arti ee takot gak kalau tak jawab....dengan kemurahan hati die menjawab
   ANAK BARU:" NA'AM JANANTU" (HAHAHHAHAH KITE YANG,NENGOK DIE NI                                              TEBAHAK" KETAWAK DENGAR DIE TU JAWAB "JANANTU"
arti ee tu die tu ngakuk die pernah gile...hhakwkw,(maaf kan kk kelas mu ini).
die heran yak sambel nnyak EMNG NGAPE KAK, SALAH KE SALAH KE???? sian  eee anak orang.
karne die betanyak" kite kasi tau lah jawaban nye tu baru lah die bemasam mungke wkwkkwkw
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar